Skip to content

Musholah Baitul Quds, Villa Ilhami Karawaci, Tangerang

December 31, 2010

Karawaci, Tangerang memang terkenal sebagai kawasan pemukiman elit. Ada banyak klaster perumahan yang menawarkan kemewahan dengan beragam dukungan fasilitas yang berkelas. Salah satunya, sebut saja Villa Ilhami yang ada di sisi tol Jakarta-Merak, tepatnya masih satu kawasan dengan Islamic Center. Ya, pasalnya di kawasan ini terdapat beberapa klaster perumahan berkonsep Islam. Tentunya, di perumahan ini kehadiran tempat ibadah baik berupa masjid maupun musholah menjadi sebuah keniscayaan, sebagai simbol dari keberadaan perumahan tersebut.

Sebut saja, Musholah Al-Quds yang di kluster Villa Ilhami, meski statusnya musholah, namun sejak beberapa waktu lalu digunakan pula untuk pelaksanaan sholat jumat. Hal ini ditegaskan oleh pengurus RT dimana lokasi musholah berdiri yakni di antara blok A dan B. Bangunan musholah ini pun menjadi pusat pertemuan warga penghuni klaster tersebut. Hal ini tampak dari adanya fasilitas lapangan olahraga, sekretariat, pendopo pertemuan dan beragam fasilitas lainnya.

Musholah berlantai dua ini dilengkapi dengan beragam fasilitas. Seperti di ruang sholat utama berlantai keramik putih ini,  dihampari karpet bermotif sajadah warna merah. Sementara pada dindingnya disapu dengan sentuhan warna hijau salem. Pada bagian mihrabnya, lukisan kaligrafi menjadi frame pada lengkungan atasnya. Kaligrafi selebar 40 sentimeter pun memanjang menghiasi sekeliling pada dindingnya. Di bagian tengahnya terdapat empat tiang penyangga dengan warna senada. Sedangkan pada sisi kanan kiri dan sisi depannya, dinding berkaca membuat bangunan ini selalu mandi cahaya. Selain memiliki bukaan sirkulasi udara berupa jendela berukuran besar, pengelola pun melengkapinya dengan kipas angin yang dipasang di beberapa titik untuk mengurangi hawa panas.

Area wudhu sendiri terdapat di sisi kiri tepatnya di bagian sudut kiri belakang di bawah sekretariat musholah. Area ini memang ada di bagian luar musholah yang terpisah oleh lapangan badminton. Lokasi musholah ini memang berada di sudut area blok A dan B dan bisa diakses dari jalan utama klaster tersebut, meski hanya sebuah pintu kecil. Pasalnya –perumahan klaster yang menggunakan sistem keamanan ketat— lokasi musholah sendiri yang berada di sisi jalan utama itu dikelilingi pagar besi.

Nah, bagi pembaca yang mungkin tengah bertandang atau melintasi di perumahan ini, ketika waktu sholat tiba, tak usah sungkan-sungkan untuk menunaikannya di musholah tersebut. Lokasinya dari pintu utama, lurus saja, jelang keluar dari blok B, disitulah musholah berada. Jika dari arah jalan Falaqi, hanya berjarak satu blok ada jalan menuju ke musholah. Semoga sedikit membantu.

Catatan: Musholah ini terakhir penulis sambangi di waktu ashar, saat bertandang ke seorang sahabat –sekaligus sebagai Ketua RT-nya— yang tinggal di perumahan tersebut pada awal November lalu.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: