Skip to content

Musholah Plaza Senayan, Jakarta

June 25, 2010

Banyak kaum muslimin, khususnya yang pernah menyambangi musholah di pusat perbelanjaan ini konon layak diacungi jempol. Begitu kiranya, komentar teman-teman soal musholah yang meski terletak di area parkir P3 ini, selain antara pria dan wanita dipisah, fasilitas penunjangnya pun memang nyaman. Memang, jauh sebelum pusat-pusat perbelanjaan lain menghadirkan tempat ibadah yang layak, boleh jadi Plaza Senayan (PS) yang ada di kawasan Senayan ini lebih dulu memberikan kenyamanan kepada pengunjungnya yang hendak beribadah sholat.

Musholah yang terletak di area parkiran atau tepatnya di belakang bangunan salah satu mal kelas wahid di Jakarta itu selain menyediakan ruangan sholat yang lumayan luas, juga dilengkapi dengan pendingin ruangan. Sehingga tak heran ketika menunaikan ibadah sholat, tak kuatir ‘gerah’ meski lokasinya ada di area parkiran.  Ketika memasuki bangunan musholah, pengunjung bisa memanfaatkan ruang tunggu yang dilengkapi dengan dua buah bangku sekedar untuk melepas alas kaki atau istirahat sejenak. Di ruang tunggu ini pun tersedia loker penitipan barang atau alas kaki yang dijaga oleh petugas. Ruang sholat sendiri, berbentuk memanjang, karena arah kiblat sedikit menyerong, maka tak bisa memuat shaf lebih dari 3-4 baris saja. Hamparan karpet bermotif sajadah warna hijau menjadi penanda shaf yang memang agak menyerong.

Sementara ruang wudhunya terletak di depan di sisi kiri sebelum memasuki ruang sholat, dan dari tempat wudhu itu bisa terdapat pintu penghubung langsung masuk ke ruang sholat. Dan memang searah, sementara pintu keluar ada di sisi kanannya yang juga tentunya bisa dijadikan sebagai pintu masuk dari ruang tunggu. Sesekali petugas cleaning servis melakukan tugasnya, sekedar mengelap cucuran air bekas wudhu. Terlebih di waktu-waktu sholat tiba, tampak petugas itu dengan setia dan sigap menjalankan tugasnya.

Nah, jadi jika memang tengah jalan-jalan atau ada yang tengah dicari-cari di kawasan Plaza Senayan, lantas waktu sholat telah masuk, tak ada salahnya untuk menuju ke musholah yang ada di area parkiran P3. Letaknya pas di sisi kanan kiri lift/tangga. Posisi tepatnya, untuk musholah pria ada di sisi utara sementara untuk wanita ada di selatan atau di seberangnya.

Catatan: musholah ini terakhir kami sambangi jelang penghujung Mei lalu.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: