Skip to content

Musholah Grand Indonesia, Jakarta

January 15, 2009

Musholah Grand Indonesia
Musholah Grand Indonesia

Pekan lalu saya berkesempatan menyambangi mal –yang baru berdiri– yang menempel pada ketenaran Hotel Indonesia yang kini berubah menjadi Grand Indonesia [cuma mundur dikit tadinya pake hurup H kini turun ke G] *halah ini ga penting banget*

Setelah registrasi untuk sebuah acara, karena waktu sudah dhuhur tiba, usai menyantap soto betawi di Food Lover (foodcourtnya GI) saya pun izin pamit untuk sejenak menghadapkan diri pada-Nya yang telah memberikan kehidupan ini. Setelah menyusur lorong dan bertemu dengan pamdal, akhirnya diperoleh informasi bahwa mushola yang saya cari itu ada di lantai LG di bagian Barat. Untuk menuju ke mushola ini, dari lantai LG pengunjung harus keluar dulu menuju ke area parkir mobil, jika dari arah dalam maka jalan menuju ke musholah itu ada di sisi kanan. Tak usah khawatir, beberapa petunjuk bertuliskan ‘musholah’ telah ditempel di beberapa sudut.

Ya mushola yang boleh dibilang luas sekali [memanjang] layaknya sebuah masjid ini memang lumayan nyaman. Disamping luas dan ruangan sholat yang dipisah meski hanya menggunakan kain tebal –yang sewaktu-waktu bisa dilepas– musholah ini pun berpendingin yang lumayan dibanding dengan udara di parkiran. Dan sepertinya memang musholah ini digunakan pula untuk kegiatan sholat jumat berjamaah, hal ini tampak dengan adanya podium untuk khutbah.

Karpet tebal dengan motif sajadah terhampar bersih. Pun dengan ruangan wudhu yang terletak di pintu masuk lumayan bersih dan dipisah. Meski tidak dilengkapi dengan ruang tunggu yang memadai, di depan pintu masuk terdapat locker yang disiapkan untuk menyimpan sepatu/sandal secara swalayan, dengan kata lain tidak ada penjaganya. Atau mungkin ketika saya kesana tidak bertemu?

Namun sayang, ketika saya bersimpuh di musholah ini, tampak beberapa pengunjung atau mungkin karyawan tenant-tenant GI yang tidur atau sekedar meluruskan badan di sisi kanan kiri dan belakang. Tentu saja pemandangan ini sedikit mengganggu kenyamanan sebuah musholah, padahal jelas sekali larangan yang tertulis dilarang tidur.

Nah, siapa tahu teman-teman tengah bershoping atau sekedar windows shoping? di pusat perbelanjaan ini, tak usah sungkan-sungkan langkahkan kaki menuju tempat sujud kepada Ilahi rabby kala waktu itu tiba.

Catatan: Untuk diketahui bahwa Musholah sering saya kunjungi sejak mal megah ini hadir tapi saya baru sempat mengupasnya sekira Mei 2008 yang lalu.

Advertisements
4 Comments leave one →
  1. coffeelatte permalink
    February 26, 2010 5:34 AM

    Sekarang tampaknya musholla ini uda ga dipake jumatan lagi, podium untuk khutbah udah ga ada lagi. Nampaknya pekerja disini sedikit yang jumatan. Entah karena non muslim, ato karena tuntutan pekerjaan sehingga ga bole meninggalkan counter ato karena emang malas, I don’t know. Tapi uda fix, musholla di Grandi lante LG yg pintu keluarnya deket burger king dan tempat makan karyawan sudah tidak beroperasional pas hari jumat

    • March 26, 2010 1:45 AM

      waaah… terimakasih atas informasinya… semoga bermanfaat buat yang lainnya… terakhir saya mengunjungi mushola tersebut seminggu lalu… pas sholat ashar… s

  2. abeng permalink
    February 29, 2012 12:17 PM

    Kalo untuk shalat Jum’at dilakukan di Masjid bukan di mushola. Masjid AT Taqwa GI ada di Lantai 10 east wing

    masjid-attaqwa-grand-indonesia.blogspot.com/

    • November 15, 2012 9:08 AM

      terimakasih dan mohon maaf baru balas.. semoga informasi tersebut bermanfaat bagi pengunjung… salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: