Skip to content

Musholah Rest Area KM 62 Tol Cikampek

November 25, 2010

Kini, kehadiran fasilitas peristirahatan yang tersebar di beberapa titik sepanjang jalan tol Cikampek kian memanjakan pengguna jalur ini. Betapa tidak, fasilitas rest area yang dimaksud tampil lebih luas, nyaman, lengkap dengan beragam fasilitas penunjang serta selaras dengan gaya hidup masa kini. Ya, fasilitas segala kebutuhan pengguna jalur ini tersedia, mulai dari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), toilet, warung makan kaki lima, resto cepat saji hingga kafe. Tinggal pilih, sesuai selera dan tentunya kondisi kocek. Pun bagi yang sekedar untuk istirahat sejenak menghilangkan lelah hingga untuk menunaikan ibadah. Fasilitas itu tersedia dengan lebih nyaman dibanding dengan kondisi tempat peristirahatan lima tahun lalu yang hadir seadanya.

Satu dari sekian fasilitas yang ada yakni musholah. Seperti tak ingin sekedar ada, pengelola pun menyediakan fasilitas ini setara dengan bangunan tempat kongko-kongko yang ada di sekitar kawasan tersebut dan tentunya sedikit terawat. Musholah yang ada di rest area KM 62 –yang terletak di sisi selatan atau tepatnya sisi kiri tol dari arah Cikampek— berada di tengah-tengah kawasan.

Ya, kawasan ini kerap menjadi persinggahan saya dan keluarga. Paling tidak, pada musim lebaran 2010 lalu, di rest area inilah kami singgah untuk menunaikan kewajiban dan memulihkan stamina lagi setelah di dera kemacetan sepanjang pantura. Tentunya di kawasan ini pula kami memberi ’hak’ perut kami sekeluarga untuk diasupi makanan yang bergizi. Secara perjalanan menuju rumah yang ada di kawasan Ciputat masih harus ditempuh sekira satu hingga dua jam lagi.

Setidaknya, posisi ini tentunya sangat strategis dan mudah ditemui bagi kaum muslimin yang hendak menunaikan ibadah sholat. Di sebelah timur dan utara terdapat bangunan yang ditempati beberapa resto cepat saji seperti Solaria, Bakso Malang dan beberapa toko yang menjajakan aneka cemilan. Di sisi timur tak jauh dari bangunan tersebut merupakan area SPBU. Di sisi barat-utara (barat daya) di seberang jalan terdapat resto cepat saji AW. Pastinya, musholah ini menjadi pusat perlintasan kendaraan yang hendak ke SPBU maupun yang mau keluar kawasan.

Musholah sendiri memiliki tiga pintu masuk yang ada di sisi kanan kiri dan belakang. Untuk tempat wudhunya sendiri ada di sisi kanan dan kirinya. Tempat wudhu bagi jamaah pria terdapat di sisi kiri, sementara area wudhu sisi kanan diperuntukan bagi jamaah perempuan. Meski demikian, untuk menuju ruang sholat, kaum perempuan harus melalui pintu masuk yang ada di sisi timur (belakang). Sedangkan jamaah pria bisa memasuki ruang sholat dari dua pintu yang ada di sisi kanan dan kiri.

Ruang sholat lumayan luas, meski harus berbagi dengan jamaah perempuan yang menempati ruang bagian belakang –yang hanya dibatasi dengan kain warna hijau yang membelah sepertiga dari luas musholah tersebut. Hamparan karpet bermotif sajadah warna hijau dan merah membentang dari shaf depan hingga paling belakang –yang digunakan untuk ruang sholat perempuan. Kesan luas juga terlihat dari teras samping kiri dan sisi timur yang lumayan luas. Sepertinya musholah ini pun kerap digunakan untuk pelaksanaan sholat jumat.

Sapuan warna hijau pada dinding bangunan musholah ini memberi kesan sejuk. Tidak hanya itu, untuk menghadirkan hawa sejuk dan memberi kenyamanan dalam beribadah, pengelola melengkapinya dengan kipas angin yang dipasang di beberapa titil. Maklum, kawasan yang baru dibuka ini masih tampak terik, ditambah lagi dengan semburan asap serta hawa panas yang menyeruak dari kendaraan yang parkir atau melintas.

Jadi, jika tengah melintasi tol Cikampek menuju arah Jakarta, rasanya tak usah sungkan untuk beristirahat sejenak kala lelah mendera. Tentunya, ketika waktu sholat tiba, di lokasi ini selain bisa menunaikan ibadah, waktu untuk istirahat, makan dan keperluan lainnya tertunaikan di rest area ini –yang bisa ditemui tak lebih dari 20 km dari gerbang masuk tol Cikampek. Semoga sedikit membantu.

Catatan: Musholah ini terakhir kami menyambanginya pada saat kembali dari mudik lebaran 2010, medio September silam.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: