Skip to content

Musholah At-Tabayyun, C&R, Kavling DKI, Jakarta

December 9, 2010

Dalam sebuah kesempatan kunjungan ke kantor rumah produksi sebuah program infotainmen ternama, Cek & Ricek di kawasan Jakarta Barat pada pertengahan Oktober silam, penulis dibuat takjub dengan keberadaan musholahnya. Ya, kantor tersebut memanfaatkan luasnya garasi yang ada di lantai dasar untuk disulap menjadi ruang sholat yang cukup memadai. Selain itu, sepertinya ruang sholat tersebut digunakan pula untuk pelaksanaan sholat jumat. Hal ini tampak dari adanya podium serta gulungan karpet yang teronggok di sudut ruangan.

Adalah At-Tabayyun, nama musholah tersebut. Seakan ingin menasbihkan dengan apa yang mereka lakukan dalam setiap pekerjaannya mendapatkan ’gosip’ seputar kalangan selebriti negeri ini. Tabayyun yang dalam bahasa jurnalistiknya berarti konfirmasi, cek dan ricek atau cover both side. Meski keberadaan program infotainmen sebagai produk jurnalistik sendiri masih kontroversi. Tidaklah penting membahasnya. Yang jelas, disini kami hanya mengamati keberadaan musholahnya saja.

Layaknya sebuah garasi, tentu di dalamnya berisi kendaraan. Dalam kesempatan waktu itu, beberapa kendaraan terparkir sehingga sedikit menutupi keberadaan musholah tersebut. Di musholah itu terhampar karpet bermotif sajadah warna hijau diatas terpal biru sebagai alasnya. Sementara di bagian dinding kiblatnya terpampang billboard bergambar masjid kubah emas yang dihiasi dengan kaligrafi lafadz Allah dan Muhammad serta kalimat tauhid. Sedangkan tulisan Attabayyun sendiri tertera tepat di atas kubah emas. Tentu saja, spaduk besar ini merupakan penanda bahwa lokasi tersebut digunakan sebagai ruang sholat.

Untuk area wudhu, pengelola kantor menyediakannya tepat di sisi kiri tak jauh dari ruang sholat –yang terbuka— tersebut. Pengelola pun menyediakan beberapa terompa untuk memudahkan bagi para karyawan dan tamu saat hendak berwudhu. Meski musholah ini menyatu dengan garasi, namun kesan panas baik akibat dari mesin dan asap kendaraan nyaris tak dirasakan. Ya, untuk meminimalisir hawa panas tersebut, sengaja pintu gerbang menuju garasi dibiarkan terbuka. Sehingga semilir angin pun begitu terasa. Selain itu pengelola pun melengkapinya dengan kipas angin.

Jadi, bagi yang tengah bertandang di kantor redaksi infotainmen Cek & Ricek yang ada di kawasan kavling DKI, Jakarta Barat, ketika waktu sholat tiba, tak usah ragu-ragu untuk segera menuju parkiran dalam lantai dasar. Disanalah musholah Attabayyun berada yang setiap waktunya kerap melantunkan seruan untuk sholat. Sesuai pengalaman penulis saat berada di lokasi, pada saat waktu dhuhur tiba, kumandang adzan pun dilantunkan dari musholah ini. Semoga sedikit membantu.

Catatan: musholah ini terakhir kami sambangi pada pertengahan Oktober silam.

Advertisements
One Comment leave one →
  1. December 31, 2010 5:02 PM

    Assalamualaikum Wr. Wb. Kabar gembira untuk Ikhwan dan Akhwat serta para Penuntut Ilmu . Telah ditemukan Metode baru untuk menerjemah Alquran, hanya dalam waktu 8 jam insya Allah bisa ..! Metode Granada sistim 4 langkah yang ditemukan oleh Ust.Solihin Bunyamin ,Lc . Mudah dipelajari praktis dan sistematis . Mari kita tingkatkan kemampuan dan penguasaan bahasa Alquran khususnya , Bahasa arab Umumnya .Kunjungi kami di , http://www.kamus-alquran.com Mohlison ( 021-60621771 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: