Skip to content

Musholah Rest Area KM 19 Tol Jakarta – Cikampek

March 26, 2010

Lelah atau bahkan tak bisa menahan kantuk saat mengendarai mobil dalam perjalanan di jalan bebas hambatan? Sebaiknya istirahatlah, terlebih jika waktu sholat telah tiba. Tak usah kawatir dimana Anda harus menunaikan kewajiban itu plus melepas lelah tentunya. Pasalnya kini di sepanjang tol telah banyak tersedia kawasan peristirahatan atau yang lebih dikenal dengan rest area. Bahkan kini, kawasan itu tak sekedar menyediakan lahan untuk memarkirkan kendaraan saja, namun beragam fasilitas mulai dari toilet umum, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), resto cepat saji hingga tempat kongkow-kongkow sekelas cafe. Termasuk musholah tentunya yang bisa jadi merupakan fasilitas yang wajib tersedia di kawasan rest area yang ada di sepanjang tol.

Dan salah satunya adalah yang ada di kawasan rest area KM 19 yang masih masuk dalam wilayah Bekasi. Jika dari arah Jakarta tentunya ada di sisi kiri. Di kawasan ini selain tersedia SPBU, resto cepat saji, warung makan tradisional juga terdapat musholah yang letaknya menyatu dengan foodcourt di koridor tengah. Ruang musholah sendiri hanya menempati ruangan yang tak begitu luas, namun antara jamaah pria dan wanita letaknya terpisah. Dan yang menjadi  pemisahnya adalah tempat wudhu dan toilet.

Musholah yang pernah saya sambangi sewaktu mengikuti media trip ini dilengkapi dengan hamparan karpet bermotif sajadah warna merah, plus terdapat mihrab (tempat imam) tersendiri. Karena musholah ini menyatu dengan foodcourt, tak heran bila suasananya begitu ramai. Pun dengan temboknya penyekatnya yang hanya setinggi  sekira 2 meteran membuat suara bising kendaraan yang lalu lalang kerap terdengar. Dan harap maklum, karena tempatnya terbuka, tak heran bila hembusan hawa panas dari mesin dan lingkungan sekitarnya kerap menerpa jamaah. Namun begitu, pihak pengelola pun menyediakan kipas angin di bagian bekalang musholat tersebut.

Nah, ketika saudara tengah melaju di jalur tol Jakarta – Cikampek, lantas waktu sholat telah tiba dan badan terasa lelah, tak ada salahnya jika memarkirkan kendaraan di rest area 19 ini untuk menunaikan ibadah sholat sekaligus istirahat melepas lelah. Bisa sambil ngopi, ngeteh atau sekedar meregangkan otot yang kaku. Jadi, istirahat dapat ibadah pun tak pernah telat.

Catatan: Musholah di kawasan rest area 19 ini terakhir saya sambangi awal Agutus 2009 silam.

Advertisements
2 Comments leave one →
  1. Bayu permalink
    February 16, 2012 9:59 AM

    Musholla Rest Area km 19 ini dipake untuk Sholat Jumat ngga, Pak Izoruhai?

    • November 15, 2012 9:16 AM

      terimakasih atas kunjungannya dan mohon maaf baru balas… untuk informasi itu saya tidak begitu tahu… setahu saya, ada beberapa rest area setelahnya seperti 30, 42 dan 57 ada masjid dan digunakan untuk sholat jumat… semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: