Skip to content

Masjid Raya Bani Umar, Bintaro Tangerang Selatan

April 1, 2010

Inilah masjid yang tampil dengan desain unik. Tak seperti masjid pada umumnya, masjid yang dibangun oleh keluarga besar Umar Wirahadikusuma (almarhum), mantan Wakil Presiden periode 1983 – 1988 ini memiliki menara setinggi 59,62 meter. Masjid yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Oktober 2008 ini memang tampak begitu wah dan megah. Tak hanya dari arsitekturnya, tata lighting serta dominasi polesan warna oranye yang begitu mempesona menjadi daya tarik tersendiri. Pun beragam fasilitasnya  melengkapi masjid yang dikelola oleh Yayasan Bakti Djayakusumah ini, mulai dari untuk keperluan ibadah hingga sosial kemasyarakatan lainnya. Seperti ruang pertemuan, ruang rapat/training, ruang belajar, klinik dan beberapa armada ambulance dan jenazah.

Dalam beberapa kesempatan, ketika saya menyambangi masjid yang berdiri di lahan 1,2 hektar ini memang takjub dengan desain interior serta pernak-perniknya kian mempercantik masjid yang konon menghabiskan dana Rp 2 Miliar ini. Hamparan karpet empuk warna merah marun dapat ditemui di lantai dua yang menjadi ruang utama dari masjid ini. Lantai utama ini bisa diakses lewat anak tangga langsung terhubung dengan halaman utama atau bisa juga lewat anak tangga yang ada di sisi kanan kiri dari dalam bangunan. Tersedia pula ruang sholat tambahan di lantai tiga. Sementara lantai dasar dijadikan semacam aula (ruang pertemuan) dan toilet dan tempat wudlu yang tak kalah apiknya.

foto dok. satriapringgodani

Pun dengan ornamen kaligrafi bertuliskan Allah Subhanahu Wata’ala dan Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tampak indah menghias di atas dinding marmer di sisi kiblat. Saat saya berkesempatan menunaikan sholat dhuhur dan ashar di masjid ini terasa kesan mewah dan megah dari sebuah tempat sholat. Meski memang harus diakui, saat itu tidak lebih dari satu shaf jamaahnya. Sehingga serasa ‘jomplang’ antara bangunan dan jamaahnya. Namun demikian, sepertinya memang masjid ini hanya penuh ketika pelaksanaan sholat jumat berlangsung atau hari raya.

Nah, bagi saudara-saudara muslim –yang tengah berada di kawasan Bintaro sektor 12, khususnya di jalan raya Graha Raya Bintaro, kelurahan Perigi Baru, kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, dimana masjid ini berada– jangan sungkan-sungkan untuk mampir saat waktu sholat tiba. Atau kalau memang belum saatnya adzan kumandang, tak ada salahnya jika sekedar berwisata religius, melongok menikmati keindahan desain, arsitektur masjid yang diarsiteki oleh Fauzan Ahamd Noe’man. Lokasi masjid sendiri berdekatan dengan kantor kecamatan Pondok Aren, Mapolsek Pondok Aren dan belasan cluster mewah milik pengembang ternama Bintaro Jaya dan BSD City.

Catatan: Masjid ini terakhir saya sambangi menjelang magrib pada awal September 2009 lalu.

Advertisements
8 Comments leave one →
  1. Iwan permalink
    June 13, 2010 12:48 PM

    IDE MEMAKMURKAN MASJID UTK KEBANGKITAN UMAT

    Masjid Makmur artinya masjid dipenuhi oleh kegiatan-kegiatan keagamaan dan sosial kemasyrakatan, seperti:

    1. Ceramah agama
    2. Membaca dan mengkaji al-Quran dan Hadist
    3. Pendidikan (pendidikan usia dini, pencarian bakat, pendidikan remaja, pendidikan pemuda, pendidikan ibu-ibu dan pendidikan bapak-bapak)
    4. Pelatihan (keterampilan & keahlian)
    5. Penelitian (pendataan dan pengkajian alam dan social di sekitar lingkungan)
    6. Pemberdayaan (kerja sukarela dan kerja bergaji).
    7. Kewirausahaan.
    8. DLL

    Efek yang diharapkan dari ramainya kegiatan-kegiatan diatas

    1. Masjid menjadi ramai
    2. Bangga pada masjid
    3. Bergantung pada masjid
    4. Banyak masalah sosial teratasi
    5. Masyarakat bergairah
    6. Masyarakat terdidik
    7. Ekonomi masyarakat lebih baik
    8. Makin bangga pada agama
    9. Makin rajin beribadah
    10. Ada proses membangun umat
    11. Ada proses menegakkan agama
    12. Ada proses membangun bangsa

    Alangkah indahnya kalau efek diatas dapat dicapai. Dan alangkah indahnya kalau masjid melakukan upaya memakmurkan masjid yang orientasinya mengandung sosial kemasyarakatan seperti diatas secara serempak di mana-mana.

    Tinggal bagaimana caranya masjid-masjid kita menggalang dana. Tapi jangan lagi kita meminta-minta di pinggir jalan untuk pembangunan masjid dan operasional kegiatan. Mungkin masjid bisa berwirausaha untuk tujuan mencari dana ini.

    Saya mempunyai ide/saran yang menurut saya sangat jitu untuk menggalang dana buat masjid, sekaligus terkait dengan wirausaha yang sangat mudah dan sederhana dilakukan melalui badan usaha yang dikoordinir oleh sekretariat masjid.

    Silahkan hubungi saya di 081807928951 atau email iwanclay@yahoo.com

    • June 14, 2010 1:31 PM

      wah… ide yang bagus tuh mas Iwan, coba kalo bisa Anda dekati para pengurus masjid yang ada di sekitar lingkungan mas iwan… siapa tahu ide itu bisa diaplikasikan… secara saya sendiri saat ini bukan pengurus salah satu masjid yang ada… semoga ada yang menyambut ide ini… terimakasih atas kunjungannya dan sharing idenya…

  2. August 20, 2010 2:29 PM

    saya harap masjidnya buka 24 jam dan makmur 24 jam

    saya sudah mampir di masjid tersebut, buka puasa dan hanya 2 shaf di sholat maghrib

    • August 20, 2010 2:56 PM

      semoga hal itu bisa terwujud…

      terima kasih atas kunjungannya ke blog ini…

      salam.

  3. ummi ghozi permalink
    September 17, 2010 2:36 PM

    blognya bagus nih pak…. boleh juga dibukukan. Oiya, profil masjid di WTC serpong udah dibuat belum ya? masjidnya bersih banget walau bukan masjid WTC, cuma letaknya mepet dengan kampung dan ada jalan masuk dari WTC… kalo bisa ditambah lagi pak… n’ boleh juga dengan kegiatannya…

    • September 18, 2010 10:37 AM

      terima kasih atas kunjungannya ummi ghozi… insya allah, beberapa kali pernah sholat di masjid yg nempel di wtc serpong, pun dengan musholahnya yg ada di lap parkir lantai 3/P6 hehehe… insya allah dalam waktu dekat akan saya tulis reviewnya…

  4. August 3, 2012 6:06 AM

    subhanaloh. keren. baru tahu setelah nonton MNC… hehehe…

    • November 15, 2012 9:02 AM

      terimakasih atas kunjungannya ekolomoh… semoga bermanfaat… amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: