Skip to content

Musholah Hotel

January 15, 2009

“Ah… kenapa hotel segede gini musholanya nyempil dah gitu kecil lagi,”
Itulah kiranya pendapat beberapa temen yang saat hendak menunaikan kewajiban kepada Allah SWT yang membuat alam dan seisinya ini. Namun apa boleh buat, ibadah tetep harus ditegakkan, dimana pun dan kondisi apapun. Wah… ini sekalian nyentil gw biar selalu inget ama yang maha Kuasa. Pada kesempatan liputan yang terkadang waktunya di menjelang atau ditengah-tengah waktu sholat membuat kelimpungan untuk mencari lokasi keberadaan mushola itu. Sebagai contoh: saat meliput acara di sebuah hotel eklusif di Club Bimasena Dharmawangsa Hotel di bilangan Kebayoran Baru untuk menunaikan sholat kami harus menuju ke basement, tempat parkir motor. Ya, di sanalah lokasi mushola itu. Memang cukup bersih namun sempit. Terlebih ruangan untuk kaum hawa, begitu sempit yang dibatasi dengan tabir warna putih. Namun begitu, di mushola ini tersedia mukenah.

Begitu juga dengan hotel Shangri-La Jakarta, mushola terletak di basement 1 dimana tempat nongkrongnya para sopir yang sedang menunggu majikannya. Tidak terlalu besar hanya muat dua shaf itupun harus berbagi dengan kaum hawa yang hendak menunaikan sholat. Tempat wudlu ada di dalam bersih dan cukup terpelihara. Sayang udaranya panas, mungkin karena berhadapan langsung dengan mobil-mobil yang diparkir atau yang wira-wiri di sekitarnya.

Lalu, saat meliput sebuah acara di kawasan hotel Hilton, tepatnya di ruang Libra. Mushola terletak di pojok dekat taman pintu keluar restoran….. (lupa namanya/setelah tangga dari pintu masuk). Suasananya memang hening, jauh dari hingar-bingar walau pun kecil dan campur pria-wanita. Tempat wudlu pun apa adanya sepertinya memang bekas shower. Namun begitu udaranya dingin abis, karena menggunakan AC sentral.

Dan ketika berkesempatan meliput acara di Hotel JW Marriot. Pencarian mushola pun kulakukan disaat waktu ashar hampir habis. Ya, mushola itu terletak di lantai 6. Mushola itu memanfaatkan kamar yang mungkin memang disengaja untuk keperluan ibadah. (ah lagi-lagi lupa nomor kamar berapa yaa). Cukup lumayan, namun sepertinya tak terurus, hamparan karpet sedikit tergulung, hordeng penutup jendela yang menghadap ke hotel Ritz itu pun terlihat lusuh. Tempat wudlu pun tersedia apa adanya sebuah bathtube dan wastafel. Udara pun sepertinya sama dengan kamar-kamar lainnya: dingin tapi tentunya tidak harum. Di kamar yang dialihfungsikan menjadi mushola itu disediakan mukena dan alat sholat lainnya.

Ah… kemarin pun akhirnya dapat kesempatan juga untuk membuktikan keberadaan mushola Plasa Senayan yang banyak orang bilang ‘lebih manusiawi’ gitu. Penilaianku jatuh pada kisaran lumayan lah dengan memisahkan ruangan antara pria dan wanita berjauhan memberikan kekhusuan dalam beribadah. Walau memang lagi-lagi lokasinya berada di kawasan parkir dan kalau ada yang bilang luas, namun sepertinya tidak begitu. Tapi jika dibanding dengan pusat perbelanjaan lain yang pernah kusambangi memang ini lebih manusiawi. Lain halnya dengan mushola di eX plaza walau pintu masuknya dibedakan tapi mushola itu amat kecil untuk seluas itu. Tapi memang pengelola menyediakan dua lokasi satu di samping pintu keluar basement/parkiran, satu lagi di dekat pusat jajanan kaki lima masih di basement/tetanggaan.

Sayang seribu sayang… kalaupun saya pada saat itu membawa kamera namun tak diberi kesempatan untuk mendokumentasikannya oleh pihak ‘aparat’ alasannya faktor keamanan. coba pake hp bisa kali yaa…

Dan paling tidak inilah hasil pengamatanku dalam menjejaki nikmatnya dunia di musholah-musholah yang bertebaran di gedung perkantoran, hotel dan mal tentunya. Selamat mengamati…

Advertisements
One Comment leave one →
  1. April 15, 2014 9:17 AM

    Assallamualaikum wr wb
    Dengan hormat
    Bersama ini kami mengajukan program acara pemutaran film dan diskusi karya Harun Yahya
    Besar harapan kami dapat hadir bersilaturahmi dengan forum jamaah dalam acara tsb. info lengkap tentang materi dapat di lihat di http://www.harunyahya.com
    Untuk konfirmasi pelaksanaan acara sms ke 08179872560
    PIN BB 769C5A7E
    Email : budsan3@gmail.com
    Terimakasih
    Hormat saya
    Ir.Budi Santoso

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: