Skip to content

Masjid Al-Muhajirin, Serpong, Tangerang Selatan

December 31, 2010

Bagi sebagian kalangan yang kerap menyambangi pusat perbelanjaan mal WTC Serpong, tentunya keberadaan masjid ini sudah tak asing lagi. Terlebih bagi mereka yang berkunjung ke lokasi ini dengan mengendarai sepeda motor. Bangunan masjid dengan kubah warna hijaunya –yang menjulang— akan dilewatinya saat baru tiba atau jelang pulang. Bahkan di sebagian ruas halaman masjid ini pun dijadikan lahan parkir sepeda motor bagi para pengunjung mal. Tak heran bila masjid ini selalu ramai.

Ya, adalah masjid Al-Muhajirin yang kerap penulis sambangi untuk menunaikan ibadah sholat ketika berada di kawasan mal tersebut. Secara keseluruhan, bangunan masjid ini setiap sisinya sengaja dibuat terbuka, layaknya seperti pendopo. Hanya pada bagian sisi barat/kiblat saja yang dipagari tembok tinggi menjulang dengan balutan warna cat putih pada bagian atasnya dan setengah bagian ke bawahnya dilapisi keramik warna krem. Pada bagian mihrab dipermanis dengan ornamen berwarna kuning keemasan serta ukiran lafadz Allah pada bagian tengahnya. Di ruang yang cukup luas inilah terdapat mimbar kayu berukir ditempatkan.

Pada ruang sholat utama –yang menjadi ruang sholat jamaah pria— yang merupakan pengembangan dari bangunan sebelumnya ini terdapat empat pilar tinggi berwarna krem yang menopang kubah di atasnya. Tak heran bila, masjid yang dihampari karpet bermotif sajadah warna merah ini tampak sejuk dan bertabur cahaya serta semilir angin dari segala penjuru arah mata angin. Sementara untuk jamaah wanita ruang sholat berada di bagian sisi kiri yang memanjang dari ruang tengah hingga belakang. Meski masjid ini memakai konsep ruang terbuka, pengelola masjid tetap melengkapinya dengan kipas angin yang diletakkan di beberapa titik.

Area wudhu sendiri terletak di bagian belakang atau sisi timur, tepatnya di tengah-tengah antara sekretariat pengurus masjid/TPA serta perpustaakaan. Dimana untuk jamaah pria menempati sisi kanan atau utara sementara area wudhu wanita ada di sebelah selatannya. Masing-masing tempat wudhu ini memiliki pintu masuk sendiri-sendiri dan dilengkapi dengan toilet. Selain dilengkapi dengan taman bacaan dan adanya kegiatan pendidikan Al-Quran (TPA), masjid ini pun secara rutin menggelar pengajian bagi kaum muslimin dan muslimat setiap minggunya.

Nah, bagi saudara kaum muslimin dan muslimat yang tengah berada di kawasan perbelanjaan Mall WTC Serpong bisa memanfaatkan keberadaan masjid ini. Ya, ketika kumandang adzan atau bahkan mungkin di penghujung waktu karena baru tiba mungkin, maka tak ada salahnya untuk segera menuju masjid yang tepat berada di belakang mal dan berdampingan dengan kantor kelurahan Pondok Jagung. Untuk menuju lokasi masjid ini tidaklah sulit. Yang pasti, selain lokasinya tepat di belakang mal, di dekat pintu parkir keluar, ada pintu masuk –yang sengaja di pagari dengan tonggak besi— menuju ke masjid. Semoga sedikit membantu.

Catatan: Masjid ini terakhir kami menyambanginya pada akhir Oktober silam saat waktu ashar tiba.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: