Skip to content

Musholah Plaza Semanggi, Jakarta

July 1, 2010

Awalnya ketika kami bertandang ke pusat perbelanjaan ini masih super yakin, jika musholah yang sebelumnya pernah disambangi ada di area parkiran lantai 5A. Dan, karena saking pede-nya, usai sekedar melongok-longok beberapa counter, kami pun langsung saja meluncur ke lantai tersebut. Maklum, hari itu adalah hari pertama kami pindahan kantor ke Hotel Aryaduta Suites Sudirman atau sebelumnya bernama Aston Hotel di kompleks  (Sudirman Tower Condominium), dimana tentunya masih satu lingkaran dengan Plaza Semanggi.  Dan ternyata, musholah yang kami tuju sudah dipindahkan ke dua level berikutnya (P7). Ya, hal ini dipertegas dengan papan pengumuman yang dipajang di depan pintu masuk musholah.  Akhirnya, tanpa pikir panjang kami pun langsung menuju ke area parkiran lantai 7 yang di maksud.

Ternyata, setelah menaiki anak tangga dua level diatas musholah –yang sebelumnya berada di dekat dengan tangga– kami tidak menemui musholah yang dimaksud. Rupanya, musholah yang kami cari  ada di ujung parkiran lantai 7 tersebut. Jujur, waktu itu kami agak sedikit kecewa dibuatnya. Maklum baru tau jika musholahnya pindah, terlebih letak kepindahannya berada di ujung. “Wah diskriminatif nih pengelola,” celetuk temanku.

Memang, musholah –yang kerap digunakan para pengunjung mal dan gedung veteran semanggi tentunya– yang kami tuju lebih nyaman, meski lagi-lagi terletak di area parkiran. Namun karena letakknya di ujung, sehingga hampir tak ada gangguan deru kendaraan yang lalu lalang di parkiran tersebut. Ya, selain berada di area parkiran paling atas, di ujung pula dan waktu itu kondisinya tak lagi sepi. Musholah berdinding kaca ini memang nyaman untuk beribadah, selain sepi dan dilengkapi dengan pintu masuk yang terpisah antara jamaah pria dan wanita. Meski demikian, ruang sholat antara jamaah pria dan wanita hanya dibatasi dengan kain horden. Karena menurut informasi yang kami dapat, musholah ini pun digunakan untuk sholat jumat, hal ini tampak dari adanya mimbar podium yang dilengkapi dengan kursi untuk khotib dan tirai yang bisa dibuka tutup.  Selain itu, dengan sendirinya, musholah ini memiliki halaman (area parkiran) cukup luas yang mampu menampung jamaah sholat jumat.  Mungkin ini yang menjadi pertimbangan pengelola menempatkan ruang musholah yang dihampari empat baris (shaf) karpet bermotif sajadah warna hijau ini.

Meski di area parkiran, pengunjung tak usah kuatir akan ‘berkeringat’ atau merasa ‘gerah’ saat menunaikan ibadah sholat. Pasalnya, musholah berdinding kaca ini dilengkapi dengan pendingin udara di masing-masing ruangan. Pun dengan tempat wudhunya, pengelola menyediakan banyak kran di dua area tempat wudhu yang dipisah untuk pria dan wanita. Di depan musholah, tepatnya di sisi kanan terdapat bangku panjang, sekedar untuk menunggu atau rehat sejenak saat melepas atau mengenakan kembali alas kaki. Pun tepat di depan musholah, pengunjung bia duduk-duduk sekedar melepas lelah di lantai yang sedikit lebih tinggi yang dijadikan sebagai batas suci dari area parkir.

Jadi, mungkin bagi Anda yang sebelumnya pernah menyambangi musholah yang ada di lantai 5A, atau bagi Anda yang belum pernah sama sekali tentunya kini tak usah bingung dan ragu, ketika hendak menunaikan ibadah sholat –dimana Anda tengah berada di kawasan Plaza Semanggi– untuk menuju ke lantai 7 area parkiran. Meski tentunya harus rela berjalan untuk menuju ruang musholah yang ada di ujung area parkiran lantai 7 tersebut. Insya Allah, karena setiap ibadah memang harus didasari dengan niatan yang ikhlas. Semoga bermanfaat.

Catatan: Musholah ini terakhir kali kami sambangi pada awal Juni lalu.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: