Skip to content

Musholah Mal Taman Anggrek, Jakarta

April 30, 2010

Mal Taman Anggrek yang lebih dikenal dengan sebutan MTA ini adalah mal atau pusat perbelanjaan yang dilengkapi dengan apartemen ini kerap ramai dikunjungi para penggila belanja. Pasalnya di mal ini terdapat banyak gerai yang menjajakan barang kelas atas. Beragam event pun kerap digelar guna menyedot pengunjung untuk menyemut mal yang ada di kawasan Tomang Jakarta Barat. Dan setelah lama tak melongoknya, medio April lalu, penulis berkesempatan menyambangi kembali mal ini untuk menghadiri acara.

Karena, pada waktu itu acara belum juga dimulai, sementara waktu Ashar telah masuk, akhirnya kami putuskan untuk menunaikan ibadah terlebih dulu. Ajakan pun disambut seorang teman.  Usai menemui seorang penjaga keamanan, akhirnya kami ditunjukan posisi musholah yang kami cari. Ya, setelah berjalan menyusuri jejeran gerai-gerai dari arah lobby hingga gerai Matahari akhirnya kami menemukan akses menuju musholah yang dimaksud. Pintu menuju P4 dimana musholah yang dimaksud, tepat berada di sisi kiri (sebelah barat) dari gerai Matahari. Setelah belok kiri lagi, ketemu dengan pintu kaca yang menuju ke area parkiran (P4). Dan tibalah di muholah yang kami cari.

Sepintas musholah yang terletak di sisi barat parkiran itu cukup lumayan. Meski di area parkir, namun tak melulu diselimuti hawa panas.  Pintu masuk ke musholah untuk jamaah pria dan wanita dipisah. Pun dengan tempat air wudhunya. Meski memang musholah sendiri sejatinya menyatu antara ruang jamaah pria dan jamaah wanita, hanya dipisah dengan papan pembatas.  Terdapat hamparan karpet bermotif sajadah warna hijau, meski hanya tiga baris (shaf) karena memang harus berbagi dengan ruangan jamaah wanita yang ada di belakang sisi kiri.

Meski secara ukuran, musholah ini tak seberapa, namun hiasan kaligrafi serta penerangan yang cukup membuat tak terasa sempit. Disamping itu, tak usah kuatir  ‘kegerahan’ di musholah ini, pasalnya musholah ini dilengkapi penyejuk udara ruangan. Sementara di bagian luar musholah tersedia loker alas kaki dan bangku panjang. Selain itu pengelola pun menyediakan ‘sandal’ yang digunakan ketika akan berwudhu.

Menyadari musholah ini tak begitu luas ukurannya, pengelola pun menyediakan musholah di beberapa lantai. Meski memang masih tetap berada di area parkiran, yakni di P2, P7 dan P10. Hal ini ditegaskan lewat papan petunjuk yang ditempel di tembok tepat di atas loker. Tentu saja, inilah itikad baik dari pengelola dalam melayani para pengunjung yang hendak menunaikan ibadah sholat sebagai kewajiban makhluk kepada Sang Kholik.

So, bagi saudara yang tengah berkunjung mencari barang atau sekedar windows shopping di MTA, tak ada salahnya ketika waktu sholat tiba untuk menyegerakan diri menunaikan ibadah di musholah yang tersedia di kawasan area parkir P2, P4, P7 dan P10. Untuk musholah yang kami sambangi kemarin adalah yang berada di P4, yang bisa diakses dengan patokan gerai Matahari Departement Store yang ada di lantai 1, di sebelah kiri ada lorong lalu belok kiri dan ketemu pintu kaca di sisi kanan. Dari pintu itu turun tangga menuju area parkiran yang di maksud.

Catatan: Musholah ini terakhir disambangi pada medio April 2010 lalu.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: