Skip to content

Musholah Supermal Karawaci Tangerang

January 15, 2009

Musholah Al-Ikhlas Supermall Karawaci, Tangerang

Musholah Al-Ikhlas Supermall Karawaci, Tangerang

Sudah menjadi kewajiban pengelola mall untuk menyediakan fasilitas umum, salah satunya musholah. Dan sepertinya pengelola Supermal Karawaci tidak mau dibilang tak peduli untuk yang satu ini. Selain bernilai tambah, image di masyarakat pun tentunya baik dan positif.

Usai bertandang ke ke Universitas Pelita Harapan, saya pun menyusuri kawasan perbelanjaan bergengsi di Tangerang, yaitu Supermal Karawaci, jam di sony ericsson saya tertulis 12.30, tentunya waktu dhuhur baru saja masuk. Pikir punya pikir waktu tempuh Karawaci-Manggarai tidak akan cukup waktu mengejar dhuhur, jadi kupastikan sholat di kawasan itu.

Sepertinya Supermal Karawaci pun tidak mau ketinggalan dengan pengelola-pengelola mal-mal di lain tempat. Di pusat perbelanjaan ini pengelola menyediakan dua buah mushola yang terletak di lantai dasar di bagian timur dan barat dengan nama Al-Ikhlas. Untuk kawasan timur mushola Al-Ikhlas 1 (begitu nama yang disematkan pada musholah oleh pengelola) itu berada di kawasan restroom yang agak masuk dan sedikit tersembunyi. Tepatnya di depan toko buku Gramedia atau pintu masuk menuju mushola itu ada disamping outlet toko sepatu merek terkenal Eagle. Sementara untuk menuju mushola Al-Ikhlas 2 yang ada di kawasan barat pintu masuknya ada disamping outlet health care center OSIM.

Secara umum mushola ini cukup bersih dan lega. Saat saya menyambangi salah satu musholah (Al-Ikhlas 1) bentuknya memanjang letter L untuk jamaah pria. Sementara jamaah wanita yang dipisahkan oleh tempat wudlu sepertinya lebih kecil dan tidak berbentuk letter L lagi. Hamparan sajadah panjang bermotif kubah warna merah menutupi keramik putih. Tempat wudlu pria wanita pun terpisah dan seperti umumnya sebuah pusat perbelanjaan, untuk area ini lumayan walau selalu dalam keadaan becek dan sedikit kotor. Namun karena terpisah dengan tempat sholat jadi tidak begitu mengganggu kenyamanan ibadah. Hawa dingin yang dialirkan dari AC sentral memberi rasa nyaman kurang begitu dingin. Di area ruang tunggu ada dua buah bangku panjang, lumayan lah bagi pengantar atau Anda saat mengenakan sepatu. Cuma sayang tidak ada tempat penitipan sendal/sepatu atau barang.

Jadi bagi Anda yang sedang mengunjungi atau kebetulan berada di sekitar Supermal Karawaci, tidak usah sungkan-sungkan untuk menghadap keharibaan Ilahi rabby saat waktunya tiba dengan dua pilihan tadi di bagian timur atau barat, tanpa harus bersusah payah mencari dari ujung ke ujung.

Catatan: Untuk diketahui bahwa Musholah ini saya kunjungi sekira awal April 2006 yang lalu.

Advertisements
2 Comments leave one →
  1. Jun Junaidi (Indonesia) permalink
    March 25, 2009 3:18 AM

    Sy srng ko’ sholat dsitu kalo pas lg jalan2 sm sdr, ya lumayanlah unt tmpt bribadah. Y sekedar masukan aj, emng msh byk pngelola gedung2 pbelanjaan ato mall yg blm mmaksimalkan ruangan unt bribadah. Dn yg bikin sy benar2 salut serta bangga sy smpkan k pngelola Plaza Senayan, yg myediakan tmp bribadah/mushola yg sngat bagus, bersih, luas dn mmadai.

  2. April 17, 2009 8:08 AM

    terima kasih mas Jun….
    btw: ini mas Jun The Jakarta Post kan?? hehehehe
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: